Tips Piawai Menulis Artikel

9/11/2019
tips piawai menulis artikel – jurnal kehidupan

Artikel merupakan karya tulis paling populer pada masa modern ini, sebab artikel berhasil mengupas berbagai persoalan dengan singkat, padat, dan jelas. Menguasai membuatan artikel tentunya merupakan suatu keharusan untuk kita. Karena jika memahami cara membuat artikel yang baik dan benar, maka dapat dengan mudah mengkritisi berbagai isu/persoalan yang sedang trending di kalangan masyarakat umum.

Namun sebelum memahami Tips Menulis Artikel, tentunya lebih baik jika memahami terlebih dahulu ciri-ciri dari Artikel. Menurut Abu Al-Ghifari dalam bukunya Kiat Menjadi Penulis Sukses, Beliau menyampaikan bahwa ciri artikel adalah :

  • Lugas, maksudnya tulisan langsung menuju pokok persoalan.
  • Logis, dimana segala keterangan dan argumentasi yang dikemukakan penulis mempunyai dasar dan alasan yang masuk akal serta dapat diuji kebenarannya.
  • Objektif, yaitu paparan yang disajikan sesuai dengan data dan fakta yang ada.
  • Tuntas, artinya masalah diulas secara mendalam dan selesai alias tidak menggantung.
  • Jelas dan padat, yakni argumentasi yang dipaparkan dapat mudah dipahami dan dimengerti oleh pembaca, serta tidak bertele-tele.
  • Cermat, yakni berusaha menghindari berbagai kekeliruan walau sekecil apapun.
  • Memperhatikan bahasa baku dan mengikuti kaidah tanda baca yang berlaku.
  • Tidak melibatkan emosional seperti rasa haru, marah, benci, fanatisme yang diungkapkan secara berlebihan.
  • Terbuka dan tidak egois, yaitu menerima kemungkinan pendapat baru dan tidak merasa diri paling benar.
Ibarat tubuh manusia yang terdiri dari kepala, leher, pundak, tangan, perut, dan kaki, maka artikel juga memiliki anatominya tersendiri, sehingga menjadi kesatuan yang jelas. Kemudian untuk membuat artikel yang menarik minat baca kalangan luas adalah dengan mengoptimalisasikan komponen-komponen dari artikel yang telah dipaparkan diatas.

Artikel yang berbobot adalah artikel yang membantah pandangan, atau argumentasi seseorang bukan dengan menjatuhkan pribadi penulisnya, melainkan menepis gagasan yang mereka tulis. Dengan argumentasi yang lebih jelas, serta menulisan yang sistematis. Kemampuan menulis artikel yang cermat akan tercipta masyarakat cerdas yang mencintai diskusi dan tidak mudah percaya terhadap gagasan-gagasan baru yang dasarnya tidak jelas, atau lemah.

Referensi :
Aliansyah Jumbawuya, Piawai Menulis

Share this

Admin :

Related Posts

Previous
Next Post »