Kewajiban Dalam Menuntut Ilmu

10/20/2017
Oleh : Fina Masbihah
(Siswa MAN 3 Majalengka | Anggota KIR-Kelompok Ilmiah Remaja)


Menuntut ilmu adalah suatu kewajiban,  terutama kita selaku seorang muslim. Karena dengan menuntut ilmu, wawasan kita akan bertambah, kita dapat mengetahui sesuatu hal yang baru dan dapat menambah pengalaman. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW di dalam hadistnya : "Mencari ilmu itu wajib bagi tiap-tiap muslim."(HR. Ibnu Majah).

Sekuat apapun rintangannya, kita janganlah mudah menyerah dan putus asa, tetapi kita harus mempunyai semangat juang yang tinggi untuk menuntut ilmu. Allah SWT berfirman, yang artinya : "Katakanlah (Wahai Muhammad) apakah sama orang-orang yang mengetahui dan orang-orang yang tidak mengetahui. Sesungguhnya orang yang berakal lah yang dapat menerima pelajaran." (QS. Az-Zumar : 9).

Mengingat menuntut ilmu adalah suatu kewajiban, maka dunia pendidikan pun sangat berperan penting, baik itu berupa pendidikan di sekolah, pendidikan budi pekerti, pendidikan kewarganegaraan, pendidikan di dalam lingkungan keluarga, dan lain sebagainya, Insya Allah akan menciptakan generasi muda bangsa yang berkualitas.

"Knowladge and skill are tools, the workman is character." Pengetahuan dan keterampilan adalah alat, yang menentukan adah tabi'at. Dari Anas ra, ia berkata : Rasulullah SAW bersabda : "Barangsiapa keluar dengan tujuan menuntut ilmu, maka ia berada di jalan Allah sampai ia kembali."(HR. Tirmidzi) Dan dengan menuntut ilmu, kita juga akan menjadi seseorang yang berguna bagi masyarakat, agama, bangsa, negara, bagi diri kita sendiri maupun orang lain, serta kepada kedua orang tua. Aamiin Yaa Rabbal almiin...


"Menuntut ilmu adalah takwa. Menyampaikan ilmu adalah ibadah. Mengulang ilmu adalah dzikir. Mencari ilmu adalah jihad." -Imam Al-Ghazali-

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »