Pentingnya Orang Tua Mengetahui Perkembangan Anak

9/12/2019
pentingnya-orang-tua-mengetahui-perkembangan-anak-jurnal-kehidupan

Sebagai orang tua, tentunya kita akan merasa bahagia jika tumbuh kembang anak berjalan dengan baik tanpa hambatan apapun. Orang tua patut merasa cemas dan khawatir jika perkembangan dan pertumbuhan anak tidak berjalan dengan semestinya. Walaupun perkembangan anak berbeda antara yang satu dengan yang lain, namun seharusnya orang tua mempunyai "jam biologis" dalam memprediksikan perkembangan anak.

Kekhawatiran orang tua bukannya tanpa sebab ketika perkembangan anak mengalami hambatan. Hal ini karena usia lahir sampai memasuki pendidikan dasar merupakan masa keemasan dalam rentang kehidupan manusia yang tidak bisa terulang. Masa ini merupakan masa yang paling tepat untuk meletakkan dasar-dasar perkembangan kemampuan motorik, kognitif, bahasa, emosional-sosial, kreativitas, moral, dan seni. Dengan demikian, upaya pengembangan seluruh potensi anak harus dimulai pada usia dini supaya pertumbuhan dan perkembangan anak tercapai dengan maksimal.

Perkembangan anak berlangsung secara bertahap, dengan harapan dapat meningkat baik secara kualitatif maupun kuantitatif. Walaupun setiap anak adalah unik, karena perkembangan setiap anak berbeda yang dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal, namun demikian perkembangan anak tetap mengikuti pola yang umum.

Agar anak mencapai perkembangan yang optimal, dibutuhkan peran serta orang tua dan orang dewasa disekitar anak untuk memberikan rangsangan dan menciptakan lingkungan yang kondusif untuk tumbuh kembang anak.



Referensi : 
Novi Mulyani, Perkembangan Dasar Anak Usia Dini


Share this

Admin :

Related Posts

Previous
Next Post »