Islam dan Budaya Tolong Menolong

7/08/2019
islam dan budaya tolong menolong


Budaya tolong menolong adalah budaya islam. sejak islam diturunkan serta di dakwahkan oleh Nabi Muhammad saw, sejak itulah berkembang praktek tolong menolong yang sebenarnya. yakni, tolong menolong tanpa pamrih, tanpa pandang bulu, dan berlandaskan pada keridhoan Allah SWT.

وردفي صحيح مسلم، عن أبى هريرة قال قال رسلوااللهﷺ : (مَنْ نَفَّسَ عَنْ مُؤْمِنٍ كُرْبَةً مَنْ كُرَبِ الدُّنْيَا نَفَّسَ الله عَنْهُ كُرْبَةً مِنْ كُرَبِ يَوْمِ الْقِيَامَةِ وَمَنْ يَسَّرَعَلَى مُعْسِرٍ يَسَّرَ الله عَلَيْهِ فِى الدُّنْيَا وَالآخِرَةِ وَمَنْ سَتَرَ مُسْلِمًا سَتَرَهُ اللهُ فِى الدُّنْيَا وَالآخِرَةِ وَاالله فِى عَوْنِ الْعَبْدِ مَا كَانَ الْعَبْدُ فِى عَوْنِ أَخِيْهِ وَمَنْ سَلَكَ طَرِيْقًا يَلْتَمَسُ فِيْهِ عِلْمًا سَهَّلَ االلهُ لَهُ بِهِ طَرِيْقًا إِلَى الْجَنَّةِ وَمَااجْتَمَعَ قَوْمٌ فِى بَيْتٍ مِنْ بُيُوتِ اللهِ يَتْلُوْنَ كِتَابَ اللهِ وَيَتَدَارَسُوْنَهُ بَيْنَهُمْ إِلاَّنَزَلَتْ عَلَيْهِمُ السَّكِيْنَةُ وَغَشِيَتْهُمُ الرَّحْمَةُ وَحَفَّهُمُ الْمَلاَئِكَةُ وَذَكَرَهُمُ االلهً فِيْمَنْ عِنْدَهُ) رواه مُسْلِمْ


“Barangsiapa menghilangkan kesusahan orang mukmin di dunia, Allah akan menghilangkan kesusahan dia pada hari kiamat, dan barangsiapa yang menolong susah (orang fakir/miskin) maka Allah akan menolong (memudahkan) dia di dunia dan akhirat. Dan barangsiapa menutup aib kaum muslimin maka Allah akan menutupi aib dia di dunia dan akhirat dan Allah akan memberikan pertolongan pada seorang hamba selama dia menolong saudara.

Dan barangsiapa menempuh jalan mencari ilmu maka Allah akan mudahkan baginya jalan ke syurga. Dan tidaklah suatu kaum berkumpul di rumah Allah, mereka membaca Al-Qur’an, serta mempelajarinya, diantara mereka, kecuali Allah akan menurunkan bagi mereka ketenangan dan mendatangkan rahmat, dan dikelilingi para malaikat serta allah akan mengingat mereka, apa-apa yang mereka miliki”

Nabi Muhamad SAW adalah rahmat bagi seluruh alam. tidak hanya untuk orang yang beriman, melainkan untuk seluruh umat manusia, tak ayal jika sikap sang suri tauladan kita ini sungguh luar biasa. Beliau tidak pernah pandang bulu menolong orang, tidak pernah tebang pilih. sehingga, kian hari umatnya semakin banyak, tak lain karena budi pekertinya yang agung.

Kita sebagai pengikutnya dapat mengambil hikmah dari adanya hadis tersebut. Dimana pada hadis yang di riwayatkan oleh imam Muslim ini menyatakan bahwa jika kita meringankan kesusahan oranglain, maka Allah akan menghilangkan kesusahaan kita di akhirat.

Artinya, dalam kehidupan bertetangga, kita harus peduli terhadap orang-orang di sekeliling kita. sebagaimana suri tauladan kita yang peduli bahkan pada orang yang membencinya. contohnya ketika Nabi Muhammad rutin menyuapi orang Yahudi buta di pinggir pasar kota madinah. kisah tersebut harusnya menginspirasi kita agar lebih peduli sesama. sebab Nabi Muhammad yang telah di jamin masuk surga pun peduli dengan lingkungan sekitarnya, kenapa kita yang tidak punya jaminan sama sekali malah acuh terhadap lingkungan sekitar?

Oleh karenanya, kita harus mengaplikasikan makna hadis tersebut dalam kehidupan sehari-hari, dalam semua aspek, baik di rumah, sekolah, kampus, kantor, dan lain sebagainya.

Menurut konsep mubaadalah yang disampaikan Dr. Fakihuddin Abdul Kodir pada web mubaadalahnews.com pada kolom video bahwa “jika kita ingin dihargai oleh orang lain, maka kita harus menghargai oranglain” begitu pun jika kita ingin ditolong oleh oranglain, bahkan oleh Allah SWT, maka kita harus menolong oranglain. Jadi, ketika kita menolong oranglain, sejatinya kita sedang menolong diri sendiri.

Maka saling tolong menolong dan mudahkan perkara-perkara mereka adalah jalan turunnya pertolongan Allah, karena kehidupan yang di dasarkan oleh tolong menolong di antara mereka akan memudahkan kesulitan perkara merekam, dan memberikan kesabaran atas musibah yang menimpa mereka.

Penulis : Syukron Fadillah
NIM : 1708307004
Jurusan/Semester : Ilmu Hadis/4
Kampus : IAIN Syekh Nurjati Cirebon
HP/WA: 089654054791
FB: Syukron Fadillah

Share this

Admin :

Related Posts

Previous
Next Post »