Sebuah Analogi Lucu

Megita Rubi 11/24/2017
sebuah-analogi-lucu-jurnal-kehidupan

Pagi ini gue dapat kabar mengejutkan dari si Galih tentang diskorsingnya si Gilang. Parah, gue sampai gak habis pikir apa yang sebenarnya terjadi. Terlebih sama omongan si Galih yang adanya cuman buat gue tambah bingung. 

 “Jadi, intinya si Gilang itu kenapa kok bisa sampai diskorsing segala?” tanya gue. 

 “Lo itu kayak gak tau si Gilang aja, Di. Dari lahir kan mulut dia itu gak disekolahin. Dia adu mulut sama ketua OSIS. Sok kritis.” Gue gak langsung merespon omongan si Galih tadi. Yang gue tau, si Gilang itu orangnya emang kritis. Akhirnya tanpa pikir panjang setelah pulang sekolah, gue dan si Galih pergi ke rumah si Gilang. 

Sampai di rumah si Gilang, gue langsung to the point sama dia: Jadi bener, Lang? 

“Iya.” jawab si Gilang singkat. 

 “Coba lo jelasin dari awal, Lang.” pinta gue. 

 “Selama ini.. selama gue duduk di sekolah ini, pendapat gue sebagai siswa itu gak pernah merasa terwakili sama mereka yang menyebut dirinya sebagai ‘perwakilan’. Gue diskorsing karena dianggap melakukan ujaran kebencian! Parah gak tuh? Lo tau kan, persoalan apa yang mengakar di sekolah ini?” 

“Terlalu mempermasalahkan hal yang sebenarnya bukan masalah dan cenderung gak peduli dengan hal yang sebenarnya adalah masalah besar.” jelas gue. 

“Itu maksud gue.” Si Gilang menghela napas panjang. 

“Gue tau, mereka, yang menyebut dirinya sebagai ‘perwakilan’ yang diwadahi sebuah organisasi bernama osis itu cuman menjalankan kewajiban dari pihak sekolah. Tapi tindakannya itu gak mewakili pendapat gue sebagai siswa, Di!” 

“Terus lo bermaksud untuk menyampaikan keresahan lo sebagai siswa atas kebijakan sekolah ke ketua osis?” tanya gue. 

“Singkatnya kayak gitu. Mereka itu terlalu mempermasalahkan cewek-cewek yang kerudungan lebar sementara seperti gak peduli sama anak orang yang udah baligh tapi belum nutup auratnya dengan dalih hak asasi manusia. Bahkan si Anna anak IPA 3, dia ditegur sama ketua osis karena cadarnya. Parah gak tuh?” 

“Serius lo?” 

“Ini bukan waktunya gue becanda, Di. Dan ini terjadi di sekolah kita.” jelas si Gilang. 

Gue gak habis pikir tentang apa yang sebenarnya terjadi. Dan ini jelas diluar nalar gue. Gue gak ngerti. 

“Terus tentang perkumpulan rohis kita, lo pasti tau tentang hal itu kan?” Gue mengangguk. Singkatnya ketua osis bilang bahwa perkumpulan rohis saat itu dikhawatirkan jadi tempat perekrutan teroris. Gue gak ngerti sampai sekarang kenapa itu bisa terjadi. Karena selama gue ngaji dan belajar di rohis, gue gak pernah belajar strategi buat memerangi sodara seiman apalagi strategi buat bikin isu yang gak bener. Bahkan si Alif, anggota rohis itu udah beberapa kali mengharumkan nama sekolah. Gue gak habis pikir orang kayak Alif dikira teroris sama orang-orang. Selain pinter, si Alif juga gak pernah absen ke mesjid. Orang kayak gitu disebut teroris? 

Sementara gue dan si Gilang ngobrol panjang tentang hal ini, si Galih malah melongo, entah serius mendengarkan pembicaraan ini atau malah gak ngerti. Terserahlah. 

“Dan karena itu semua, gue cuman mau menyampaikan pendapat gue sebagai siswa sama ketua osis itu bahwa semua hal ini itu gak masuk akal malah cenderung berlebihan. Gue berharap pendapat gue itu bisa didenger sama pihak sekolah, karena mereka adalah perwakilan dari siswa-siswa di sini. Karena menurut gue daripada sibuk ngurusin cewek yang kerudungan lebar, sibuk negur cewek yang pake cadar atau sibuk ngawasin kegiatan keagamaan yang jelas-jelas melahirkan banyak orang yang beprestasi, lebih baik ngurusin mereka yang masih bercengkrama sama pacarnya, selain menurunkan prestasi, hal itu menurunkan keimanan mereka juga kan?” si Galih langsung geser, menjauh dari si Gilang. 

“Meskipun nilai ulangan gue pas-pasan, tapi kalo udah adzan sih gue ya sholat. Gue masih punya iman tau, enak aja.” 

“Lo tau gak, pas Allah nyuruh lo buat sholat, Allah juga nyuruh lo buat menjauhi zina!” tegas si Gilang. Gue tertawa lebar, sementara si Galih ngambil gitar dan gonjreng-gonjreng gak jelas. 

“Terus udah itu gimana, Lang?” 

“Udah itu.. akhirnya gue terciduk. Ketua osis menganggap kalo apa yang gue sampaikan itu adalah ujaran kebencian. Gue dipanggil ke ruang guru.” 

“Ujaran kebencian? Kok gak nyambung kayaknya.” pikir gue. 

“Ketua osis kita itu pacaran sama anggota osisnya, mungkin disana nyambungnya.” Si Gilang tertawa kecil.  

“Wah memang parah. Terus sempet ada sesi diskusi dulu gak disana?” tanya gue penasaran.

“Menurut gue, buat apa ada sesi diskusi kalo cuman formalitas? Yang gue liat, sejak sesi diskusi itu di mulai, mereka itu udah menetapkan kalo gue itu salah. Final! Jadi mau gue jelasin sejelas apapun juga, kalo intinya gue udah dicap salah dimata mereka, gue bisa apa coba?” Dari penjelasan si Gilang, gue bisa tau kalo ini adalah permasalahan yang rumit. 

“Haaaah.. enak lo, Lang, diskorsing jadi gak sekolah.” Si Galih mulai berkicau. 

“Enak? Lo tau gak apa yang pak kepala sekolah omongin pas gue dipanggil ke ruang guru? Dia bilang, ‘cuman orang bodoh yang bilang kalo diskorsing itu enak’.” Gue tertawa lebar. Si Galih berbalik menghadap ke arah si Gilang. 

“Wah kurang ajar lo!” Gue dan si Gilang tertawa lebar. Suasana saat itu jadi lebih santai. Tapi tiba-tiba si Galih mulai gonjreng gitarnya lagi. 

Bila nanti saatnya tlah tiba, kuingin kau menjadi istrikuuuuuu.. 

“Lo tau gak, itu masih menjadi misteri, Lang.” 

“Paling banter kalo gak jadi pasangan ya jadi tamu undangan, Di.” jelas si Gilang. 

 “Diem lo berdua!!”

 “Hahaha.”

Share this

Admin :

Related Posts

Previous
Next Post »