Peran Media Dalam Membentuk Remaja

11/07/2017
peran-media-dalam-membentuk-remaja-jurnal-kehidupan

Media sangat berpengaruh dalam pembentukan pola pikir pembacanya. Bila dilihat dari sudut pandang remaja, media bisa membuat remaja tumbuh dan berkembang sesuai syari’at islam, kalau medianya islami, kalau tidak islami atau sekuler maka remaja yang terpengaruh pun akan menjadi sekuler atau jauh dari islam.

Dari banyaknya media, yang akan kita tekankan adalah media sosial.
Banyak remaja dan pelajar menjadikan media sosial sebagai rumah kedua untuk mencari teman, mencari informasi, menambah wawasan, bahkan sampai curhat-curhatan.

Untuk membentuk remaja yang berkarakter islami perlu media yang dapat membimbingnya melewati lika-liku perubahan jaman yang membuat kepribadian remaja islam terancam seperti jaman sekarang ini. Bisa kita lihat di media sosial, begitu banyak orang mengshare artikel tidak bermanfaat, melike sesuatu sesuai trendnya, seperti Yuk KeepSmile, goyang bang jali, Om Telolet, Marsmellow, dan lain sebagainya. 

Dan ketika hal sepele yang berkembang mengikuti trend itu di share, maka akan semakin banyak orang yang melihat. Dengan semakin banyak yang melihat, semakin banyak pula yang latah terpengaruh. Setelah terpengaruh, lihat saja sikap dia di dunia nyata, akan jelas terlihat kelatahannya. 

Perlu kita sadari, islam memiliki penyelesaian yang lengkap untuk mengatur pola pikir, dan pola sikap kita. Maka di manapun kita bergaul jangan pernah lupa akan islam. Tetaplah di koridor syari’atNya walau perlu usaha keras, dan sabar yang luas dalam menghadapi ujiannya. Begitu pula bergaul dalam media sosial, tetaplah memegang teguh bara Islam, jangan share dan like sesuatu yang tak ada manfaatnya. Jangan pula setuju buta dengan sesuatu yang belum tentu kebenarannya, seperti isu teroris yang menyudutkan kaum muslim, isu islam radikal yang memecahbelah bangsa, dan lain sebagainya.

Share this

Admin :

Related Posts

Previous
Next Post »

1 comments:

Write comments
aab
June 3, 2018 at 12:29 PM delete

Artikelnya relevan dg keadaan remaja zaman now (y)

Reply
avatar