Fresh your mind

11/19/2017
fresh-your-mind-jurnal-kehidupan
Untuk menulis tentunya kita harus bisa menyegarkan pikiran, sebab kalau pikiran kita sedang kacau, kita tidak bisa membuat gagasan yang rasional, logis, dan faktual. karena kalau kita menulis dengan keadaan emosi, tulisan kita akan tercampur dengan luapan kebencian yang timbul dari faktor emosional.

Namun sisi baiknya, untuk tahap pemula belajar menulis, memang kita harus menulis segala keadaan kita, meliputi seluruh keadaan emosional kita. tentu itu bukan konsumsi umum, sehingga harus dijaga dan di privatisasi.

Okh, mari kita list cara menyegarkan pikiran. tentu cara menyegarkan pikiran orang itu berbeda-beda, namun saya akan berusaha mendaftar beberapa cara yang efektif untuk menyegarkan pikiran agar kita bisa leluasa menyampai gagasan lewat tulisan (menulis).

1. Menonton
Tips nomer satu adalah dengan menonton. kak kenapa malah menonton? bukannya membaca? seperti yang saya ungkapkan di atas, pada dasarnya setiap orang memiliki cara menyegarkan pikiran yang berbeda, sehingga tidak semua orang suka membaca. lain halnya dengan menonton, siapa pun akan suka menonton terlepas dari film dan genre apa yang ia tonton. Untuk itu kita seharusnya menonton sesuatu hal yang bisa menyegarkan pikiran, atau setidaknya bisa mengajak kita berfikir misalnya, Detective Conan dari Anime, atau hal yang bisa membuat mood gembira kita meningkat seperti film komedi.

2. Mendengar
Sejatinya kita dianugrahkan dua telinga dan satu mulut ialah agar kita lebih banyak mendengar daripada berbicara. maka kunci untuk bisa menulis juga sebenarnya adalah kita harus sering mendengar gagasan orang lain di samping kita juga memaparkan gagasan kita. sebab bisa jadi gagasan kita itu di kuatkan oleh argumentasi orang lain. Insya allah mendengarkan gagasan orang lain akan memperkaya wawasan, dan memperluas pengetahuan kita.

3. Rekseasi
Rekseasi atau berlibur juga penting untuk menyegarkan pikiran kita. sebab dengan begitu kita akan di hidangkan sesuatu yang luar biasa. contohnya kita suka hiking, maka kita akan merasakan suatu pengalaman yang extrime, yang dapat memicu rasa ingin menulis kita ketika kita di hadapkan dengan rintangan, atau tantangan tertentu selama hiking.

4. Menulis
Setelah jiwa penulis kita terpanggil, maka jalan selanjutnya untuk bisa leluasa menulis adalah latih jiwa kepenulisan kita dengan menulis sesuatu. Mulailah dari yang sederhana, misalnya pada buku diary (catatan harian), isikan dengan celotehan-celotehan kita agar terlatih sedikit demi sedikit menuangkan gagasan lewat sebuah tulisan.

Saya hanya memberi 4 Tips dulu hari ini, tentunya teman-teman boleh menambah daftar me-refresh pemikiran sesuai kehendak hati ya. jangan lupa di amalkan, insya allah seiring waktu akan terbiasa menulis, terutama membuat artikel.


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »