Indahnya Berbagi

6/30/2019

Jika manusia berada dalam kedamaian yang indah maka mereka akan mendapatkan kebahagiaan yang tak ternilai. Membantu orang lain ialah hal yang indah jika dijalankan dengan sepenuh hati. Allah SWT mencintai umatnya yang apabila mereka hidup rukun dengan sesama dan saling menjalin hubungan yang baik juga saling berbagi dengan sesama. Selain mendapatkan pahala, berbagi juga memberi kebahagiaan kepada sesama juga memberi keindahan diantara sesama dalam menjalin hubungan.

Jika kita ingin memberi atau berbagi dengan sesama, kita harus ikhlas dan tak perlu khawatir hartanya akan berkurang. Bahkan Nabi Muhammad pun menegaskan bahwa harta tidaklah berkurang dengan sedekah.

Dalam sebuah hadits dari Abu Hurairah Nabi SAW berkata :

مَا نَقَصَتْ صَدَقَةٌ مِنْ مَالٍ

Artinya: Sedekah tidaklah mengurangi harta (H.R.Muslim)

Sebagaimana dijelaskan diatas bahwasanya harta tersebut akan diberkahi dan akan dihilangkan berbagai dampak bahaya padanya. Walaupun secara bentuk harta tersebut berkurang, namun kekurangan tadi akan ditutup dengan pahala disisi Allah dan akan terus ditambah dengan kelipatan yang amat banyak.

Jika kita menjalankan segala sesuatu karena Allah maka kita akan diberi kemudahan. Seberat apapun hal yang menghalangi kita namun saat kita menjalankannya dengan hati yang ridho karena Allah maka hal itu akan terasa ringan. Dalam hal berbagi juga jika kita niat karena Allah maka hal itu tentu akan indah dan mendapatkan kebahagiaan dan kerukunan antar sesama.

Berbagi mengindikasikan pengorbanan dan kerelaan untuk memberi. Semakin banyak memberi, semakin tidak akan merasa kekurangan. Ketika yang dikorbankan adalah harga diri sendiri untuk meningkatkan harga diri orang lain. Disinilah keindahan berbagi dari pada sekedar menerima.

Ketika telah meraih kesuksesan, kadang seseorang lupa daratan. Ketika bisnis dipuncak kejayaan, manusia pun lupa akan kewajiban dari harta yang mesti dikeluarkan dan lupa untuk saling berbagi.

Mencurahkan harta, pikiran tenaga bahkan jiwa itulah berbagi adalah cara kita untuk mendapatkan apa yang kita inginkan. Kalau anda ingin kekayaan maka berbagilah dengan rezeki. Jika anda mendambakan kebahagiaan maka berikanlah kebahagiaan. Jika kita mendambakan cinta maka kita harus memberikan cinta. Karena dengan memberi kita akan menerima. Berbagi memperkaya hidup kita. Berbagi adalah hak istimewa bagi kita. "Semakin banyak anda memberi maka semakin banyak pula anda akan menerima".

Ketika kita berbagi berarti kita akan menjadi manusia yang bermanfaat sedangkan bermanfaat adalah sebaik-baik manusia. Dengan berbagi maka insya Allah rasa kepuasan yang tak ternilai dalam diri itu akan hadir.

Maka dari itu mari kita tingkatkan kebersamaan, kerja sama dan saling berbagi hal yang bisa bermanfaat untuk sesama.

Penulis : Bella Ni'matullah
NIM : 1708307023
Jurusan/Semester : Ilmu Hadis/4
Kampus : IAIN Syekh Nurjati Cirebon
HP/WA: 083829108198
FB: Bella An-Ni'mah

Share this

Admin :

Related Posts

Previous
Next Post »